Pengertian dan Contoh Surat Pembaca


Surat Pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi tanggapan, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih,  dan lain-lain. Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi.


Rubrik surat pembaca, sesuai namanya,  adalah ruangan dalam surat kabar atau majalah yang memuat surat-surat yang datang dari pembaca,  ditunjukan kepada media massa cetak yang bersangkutan, instansi pemerintah, lembaga swasta,  maupun kelompok dalam masyarakat atau individu tertentu dengan kriteria masalah yang dikemukakan bersifat umum.
Adapun ciri-ciri surat pembaca antara lain :

  • Tidak memiliki kop surat
  • Format dari surat pembaca bebas
  • Adanya salam pembuka yang variative
  • Tidak terdapat nomor surat
  • Bahasa yang digunakan bebas
  • Salam penutup yang variatif
Rubrik surat pembaca memiliki kekuatan tersendiri dalam membentuk opini khalayak. Karena mampu mempengaruhi opini khalayak, banyak pembaca yang memanfaatkan surat pembaca untuk menyampaikan keluhan, kritik atau tanggapan serta protes atas ketidak puasan ataupun informasi lain yang biasanya berupa permasalahan dari jeleknya pelayanan publik suatu lembaga. Selain itu, surat pembaca dapat juga berisi rasa ketidakpuasan konsumen, atau masyarakat atas pelayanan dan pernyataan-pernyataan yang bersifat emosional seperti keluhan, kritikan, atau pujian.

Surat pembaca bermotif keluhan diartikan sebagai surat pembaca yang cenderung mengemukakan kesulitan atau perasaan susah yang dialami penulis sehubungan dengan adanya ketidaklancaran pelayanan. Surat pembaca bermotif kritik adalah surat pembaca yang berisi atau mengemukakan kesalahan dan kejanggalan yang dilakukan oleh suatu instansi. Surat pembaca bermotif saran adalah surat pembaca yang berisi pernyataan atau pikiran yang disampaikan agar dipertimbangkan,  dan surat pembaca yang bermotif pujian ialah pernyataan yang bersifat penghargaan,  rasa terima kasih atas pelayanan yang telah dilakukan suatu organisasi atau instansi, sedangkan surat pembaca yang bermotif informasi biasanya semata-mata berisi pemberitahuan tentang sebuah keadaan. Kemudian yang terakhir surat pembaca berisi tanggapan atau komentar terhadap suatu kejadian atau perbuatan yang dilakukan oleh para pejabat publik.

Contoh surat pembaca :

Assalamualaikum, wr wb.

Untuk bapak Kepala Sekolah SMPN 1 Yosowilangun


Melalui tulisan ini saya ingin membagi informasi kepada segenap pihak sekolah dan sekaligus menyampaikan saran agar kondisinya tidak semakin mengkhawatirkan. Informasi ini terkait dengan toilet sekolah yang menurut saya kurang layak digunakan.
Banyak sekali fasilitas yang menurut saya kurang memadai, diantaranya seperti kurangnya jumlah kamar mandi melihat jumlah siswa yang ada, air yang kurang bersih, tembok yang kotor karena dicorat-coret, pintu yang rusak, ember yang kotor dan kurangnya gayung serta bau yang tidak sedap. Saya sendiri pun terkadang memurungkan niat saya untuk ke toilet hanya karna air yang kurang bersih dan bau yang tidak sedap.
Jadi saya menyarankan kepada pihak sekolah untuk memperbaiki toilet yang kurang layak dan meminta kerjasamanya kepas siswa-siswi untuk bersama-sama menjaga kebersihan toilet sekolah.
Wassalamualaikum, wr wb. 

Nissin Khurota Sanry 
VII A

Contoh Surat Pembaca 2

Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya adalah siswi dari kelas VIII A. sejak saya menjadi murid di sekolah ini, ada suatu pertanyaan dalam diri saya. Dalam sekolah ini terdapat kelas khusus yang sering disebut sebagai kelas imersi dan kelas IT. Banyak orang mengatakan bahwa anak-anak dari kelas tersebut adalah anak-anak orang kaya. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Juga, banyak orang menganggap bahwa anak-anak dari kelas tersebut sombong. Pertanyaan saya, “Mengapa seluruh kelas di sekolah ini tidak disamaratakan saja ?”
Saya berharap agar kesalahpahaman tentang anak-anak di kelas imersi maupun Kelas IT dapat terselesaikan. Demikian yang saya sampaikan, mohon untuk ditindaklanjuti. Atas perhatian Ibu/Bapak, saya sampaikan terima kasih.
Arin Khurota A.
Siswi SMPN 1 Yosowilangun

No comments for "Pengertian dan Contoh Surat Pembaca"