Makalah Epedra Equisetina Lengkap dengan Kata Pengantar


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolongan-Nya, mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu dan penyusun sajikan berdasarkan kenyataan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan, baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan, akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Herba Ephedra equisetina”. Tujuan pembuatan karangan ilmiah ini adalah untuk memenuhi tugas farmakognosi, serta juga diharapkan bahwa makalah ini dapat membantu masyarakat untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat-obatan, khususnya Ephedra equisetina.
Dalam penyusunan makalah ini, penyusun mengalami berbagai hambatan, namun atas bantuan dari berbagai pihak, penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Terima kasih kepada :
1.      Ayah dan ibu yang selalu menjadi motivasi hidup, baik duka maupun duka selalu menjadi penyemangat sehingga kendala-kendala dapat penyusun selesaikan.
2.      Guru-guru SMK Farmasi Jember, khususnya guru mata pelajaran Farmakognosi, Bu Denok Ike J. yang memberikan bimbingan untuk mata pelajaran tersebut.
3.      Teman-teman, serta pihak lain yang membantu dalam pembuatan makalah ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, khususnya teman terbaik, Alfi Nur R. dan Evi Niswatul J.
Semoga makalah ini dapat menambah wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Ibarat kata pepatah, tiada gading yang tak retak, makalah ini masih banyak kekurangan dan untuk itu kritik serta saran selalu penyusun nantikan untuk penyempurnaan makalah ini.

Jember, 5 April 2017


Arin Khurota A’yun





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.....................................................................................................i
DAFTAR ISI........................................................................................................................ ii

BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................1
1.1   Latar Belakang............................................................................... 1
1.2   Tujuan.............................................................................. 2
1.3   Manfaat................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN................................................................................... 3
2.1   Ephedra equisetina............................................................................... 3
2.2   Kandungan Kimia.................................................................................3
2.3   Efek farmakologis Dan khasiat Klinis............................................4
2.4  Toksikologi.......................................................................................4
2.5  Penggunaan Ephedra dalam Kedokteran...........................................5
2.6  Bentuk sediaan dari ephedra, Dosis dan Administrasi...................... 5
BAB III KESIMPULAN........................................................................... 7


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Di era globalisasi yang semakin maju saat ini dibutuhkan tanaman herba untuk  berbagai macam penggunaan baik organisme hewan maupun tumbuhan, banyak digunakan oleh para ahli untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati yang dapat digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit termasuk dalam tema makalah ini yaitu “Herba Ephedra equisetina”. Obat-obatan yang berasal dari tanaman atau disebut obat herbal sering digunakan karena memiliki efek samping yang minimal bahkan ada pula yang tidak ditemukan adanya efek samping. Selain itu, keuntungan lainnya adalah pengolahan obat herbal, misalnya direbus atau dihaluskan akan memudahkan masyarakat dalam penggunaannya obat herbal juga tidak menyebabkan kecanduan keinginan untuk mengonsumsi selalu.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi modern yang semakin pesat dan canggih di zaman sekarang ini, ternyata tidak mampu menggeser atau mengesampingkan begitu saja peranan obat-obatan tradisional, tetapi justru hidup berdampingan dan saling melengkapi. Hal ini terbukti dari banyaknya peminat pengobatan tradisional. Namun yang menjadi masalah dan kesulitan bagi para peminat obat-obatan tradisional sampai saat ini ialah kurangnya pengetahuan dan informasi yang memadai mengenai berbagai jenis tumbuhan yang dapat dipakai sebagai ramuan obat-obatan tradisional, untuk pengobatan tertentu dan cara pembuatanya.
Pengunaan tanaman dalam lingkungan masyarakat masih kepercayaan dari pengunanya atau kepercayaan yang masih turun temurun dari keluarga serta kerabat saudara sebelum-sebelumnya yang sudah pernah sesekali mencobanya dan berhasil walaupun tanaman tersebut belum lolos uji klinis dan disetujui sebagai golongan tanaman obat yang berkhasiat. Kebanyakan masyarakat menggunakan resep-resep tanaman obat secara empiris, walaupun memang sudah banyak yang terbukti berkhasiat untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu, namun alangkah baiknya apabila khasiat, keamanan, efek samping dan lain sebagainya mengenai informasi tanaman tersebut sudah diteliti dan memang sudah betul-betul dinyatakan aman dan baik untuk pengobatan.
Oleh karena itu, penyusun makalah mengambil judul “Herba Ephedra equisetina”  sebagai bahan bacaan atau referensi untuk membantu masyarakat dalam menambah wawasan mengenai tanaman obat-obatan, yakni Ephedra equisetina atau biasanya dikenal dengan nama tanaman Ephedrin yang sesungguhnya adalah nama zat yang terkandung dalam tanaman tersebut.
1.2   Tujuan
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penyusun sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Makalah Herba Ephedra equisetina ini.
Tujuan dari pembuatan makalah adalah antara lain:
1.    Untuk mengetahui tanaman herba Ephedra Equisetina beserta monografinya dan manfaatnya, khususnya dalam ilmu obat-obatan
2.      Mengetahui informasi mengenai herba  Ephedra Equisetina yang bermanfaat bagi masyarakat
3.      Mengetahui indikasi-indikasi apa saja yang termasuk dalam khasiat tanaman Ephedra.

1.3  Manfaat
Agar pembaca tahu, obat herbal apa saja yang berkhasiat dan digunakan untuk mengobati penyakit apa sajakah.
Agar pengguna atau pembaca makalah tahu bagaimana bagian yang digunakan atau cara mengonsumsi bahan racikan yang sebelumnya sudah dibuat (diracik).
Agar pembaca makalah tahu bagaimana meracik ramuan herbal yang benar dan bermanfaat untuk proses penyembuhan, ataupun cara memadukan ramuan herbal satu dengan ramuan herbal lain.







BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Ephedra equisetina
Ma Huang (Ephedra sinica Stapf. Dan spesies famili Phedraceae lainya) merupakan obat cina kuno , yang kini digunakan diseluruh dunia. Tanaman ini merupakan sumber asli efedrin, berkhasiat sebagai dekongestan dan bronkodilator. Secara tradisional, tanaman ini digunukan untuk mengobai asma dan hidung tersumbat, dalam bentuk tetes hidung. Pseudoefedrin kini lebih banyak digunakan untuk pernapasan tersumbat karenan memiliki sifat meransang sistem saraf pusat (SSP) yang lebih kecil. Tanaman ini memiliki tangkai hijau ramping, yangmemisah menjadi cabang-cabang sekitar 20 tumpukan dengan panjang sekitar 15 cm, dan ujung daun melipat tajam ke belakang. Ini adalah bagian yang berkhasiat sebagai obat. Daunya berkurang pada bagian pelepah disekitar batang.



2.2  Kandungan Kimia

Semua organ tanaman dan terutama di bagian udara mengandung alkaloid (1 -efedrin, 1-Pseudoefedrin) , tanin (khususnya, tannin). Alkaloid, hingga 3%, tetapi sangat bervariasi; alkaloid utamanya adalah (-)-efedrin, bersama kandungan lain termasuk (+)-pseudoefedrin, noreefedrin, maokonin, transtorin dan senyawa efedradin A-D. Komponen lain adalah turunan katekin, dan senyawa diterpen, termasuk efedranin A dan mahuanin A, telah diisolasi dari spesies Ephedra lainnya.






 


No comments for "Makalah Epedra Equisetina Lengkap dengan Kata Pengantar"