Kebiasaan di Malam Hari yang Perlu Dihindari



Kita pasti punya beragam rutinitas dalam hidup ini, baik dari pagi hingga malam. Ketika pagi tentunya kita dihadapkan dengan pekerjaan yang padat, sedangkan di malam hari merupakan waktu untuk bersantai, baik bersama keluarga maupun sahabat. Jika sedang berada di rumah, tentunya kita memiliki kebiasaan yang tidak boleh terlewatkan apalagi di waktu malam hari. Namun, sadarkah kalian jika kebiasaan yang dilakukan di malam hari bisa beresiko terhadap diri sendiri? Bisa saja hal itu terjadi jika kita tidak memperhatikan kondisi dan keadaan di sekitar kita. Maka dari itu, kita perlu menghindarinya. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari:

1. Hindari makan mendekati jam tidur
Makan malam merupakan kebiasaan yang tidak boleh dilewatkan, namun jika tidak memperhatikan jam-nya tentu akan beresiko terhadap tubuh kita. Makanlah ketika 3 jam sebelum tidur, jangan biasakan makan mendekati jam tidur karena dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang nantinya akan terjadi penumpukan lemak. Hindari juga nyemil makanan yang manis sebelum tidur.

2. Minum air putih 
Minum air putih memang penting, namun ada baiknya dikurangi. Jika kita terlalu banyak minum air putih di malam hari, maka dapat mengganggu waktu tidur kita karena terbangun untuk buang air kecil, hingga membuat cairan kita terkurangi. Cukup setengah gelas saja sudah cukup.

3. Mandi air panas
Mandi dapat membantu pikiran dan tubuh kita menjadi tenang. Namun, terkadang sebagian orang berpikir mandi air panas bisa sedikit membantu. Sebaiknya hindari kebiasaan ini, karena akan membuat kerja tubuh kita tidak optimal. Gunakan air hangat atau air dingin saja.

4. Bermain gadget
Hayoo, yang ini sudah tidak perlu diragukan. Semua orang pasti melakukannya sebelum tidur, alangkah baiknya bila dihindari karena akan menyebabkan gangguan insomnia akibat cahaya dari gadget. Selain itu, radiasi dari gadget juga berbahaya terhadap kelangsungan tidur kita.

5. Minum minuman yang mengandung kafein
Ketika kita sedang sibuk di malam hari, kita perlu minuman yang dapat meningkatkan stamina. Kafein menjadi andalan terbaik bagi semua orang, namun hal ini sebaiknya dihindari karena jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan insomnia dan menurunnya daya tahan tubuh. Ganti kopi dengan minuman yang mengandung sedikit kafein, seperti teh hijau atau hitam.

Inilah sedikit tips untuk kita, tetap jaga kesehatan, selalu atur pola makan dan kebiasaan yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba...


No comments for "Kebiasaan di Malam Hari yang Perlu Dihindari"