Lima Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Hewan

5 Tips memelihara Hewan
Tips Merawat Hewan Kesayangan

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi daya tarik sendiri untuk beberapa orang. Dari yang sekedar hanya suka , atau bisa untuk dijadikan hobi , atau sebagai hiburan. Tahukah kamu ? Bahwa memelihara suatu hewan peliharaan tidak semudah apa yang kita kira ? Banyak beberapa hal yang seringkali kita remehkan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat kita ingin memelihara hewan:

1. Kita harus mencari tahu tentang hewan yang akan kita pelihara.
Ada ungkapan "tak kenal maka tak sayang". Ungkapan itu sering kali kita dengar. Maka sebelum kita akan memelihara hewan yang kita minati, ada baiknya kita mengenal atau mengetahui tentang mereka terlebih dahulu. Mengenal dalam artian , bisa mencari tahu ada beberapa jenis kah hewan tersebut , macam  tipe kepribadian si hewan , jenis makanan yang disukai , mengetahui perbedaan jenis kelamin nya ,dan sebagainya.

2. Setelah kita sudah cukup untuk mengetahui tentang hewan tersebut , Pastikan kita akan bertanggung jawab atas mereka.
Yupz, faktanya ada beberapa orang mungkin akan merasa bosan dengan hewan peliharaan mereka. Ada fase tertentu dimana si pemilik mungkin akan merasa lelah untuk merhatiin si hewan tak lain faktor kesibukan karena kerja atau hal-hal lain yang mungkin membuat mereka tak tertarik lagi dengan hewannya. Akhirnya, si hewan pun tidaklah diperhatikan lagi. Tolong, aku harap kalian bisa buang jauh-jauh perasaan tersebut. Karena apa ? Mereka pun juga sama seperti kita. Mereka adalah makhluk hidup yang sama-sama punya hak untuk disayang , diberi makan , diperhatikan ketika mereka sakit, dan dilindungi layaknya kita 🙂 . Jika kita tidak bisa untuk bertanggung jawab, alangkah baiknya berpikir ulang kembali saat memutuskan untuk memelihara hewan tersebut.

3. Tidak hanya kebutuhan pangan saja, kebutuhan emosional si hewan pun juga penting.
Hewan sama seperti manusia, sama-sama memiliki emosional. Karena itu, luangkanlah waktu untuk bermain dengan mereka. Hewan tidak hanya membutuhkan pangan tetapi ikatan emosional dengan si pemilik pun penting untuk dilakukan. Beberapa hewan akan merasa jenuh jika mereka hanya diam di suatu ruangan ataupun anda hanya memiliki seekor hewan saja. Hal tersebut sama seperti kita, layaknya kita seorang anak tunggal siapa yang akan menemani hari-hari kita ? Jawaban nya adalah orangtua. Nah disitulah peran kita untuk si hewan tersebut adalah menjadi orangtua bagi mereka.

4. Harus siap siaga ketika mereka sakit.
Ada kalanya di waktu tertentu si hewan pun akan sakit. Apa peran si pemilik untuk mereka ? Kita harus siap untuk menjaga mereka dan merawatnya hingga mereka pulih kembali. Kita bisa melakukan swamedikasi sendiri jika sakitnya si hewan masih bisa ditangani. Namun jika sakit lebih dari 3 hari ada baiknya jika kita segerakan untuk memeriksa nya ke dokter hewan . Agar kita tahu obat apa yang tepat untuk mereka dan bagaimana cara kita untuk menjaga diri agar tidak tertular penyakit nya jika penyakit itu memang serius.

5. Yang paling penting ketika mempunyai hewan peliharaan ialah menjaga kebersihan.
Kebersihan merupakan aspek yang paling penting. Karena apa ? Jika kita bisa menjaga dan mempertahankan aspek tersebut , semuanya akan berjalan dengan baik. Dan yang paling penting , tidak hanya si hewan yang merasa diuntungkan tetapi si pemilik juga sama. Karena bisa terhindar dari hal-hal penyakit yang tidak kita inginkan. Kebersihan yang perlu dijaga ialah kebersihan dari tubuh si hewan , kebersihan kandang , tempat pangan dan minumnya dan menjaga pola makan si hewan.
Sekian untuk hal yang aku sampaikan. Aku harap kalian bisa menjadi manusia yang penuh kasih sayang dan benar-benar bisa menjadi manusia yang bertanggung jawab atas hewan peliharaannya. Aku harap hal-hal yang aku sampaikan dapat dijadikan referensi sebelum kalian memelihara hewan. Terimakasih mohon maaf jika diatas masih banyak kekurangan nya 🤗.



No comments for "Lima Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Memelihara Hewan"