Tips Agar Nyaman dan Betah Belajar Matematika



Matematika? Ketika mendengar kata itu disebut kalian pasti akan berfikiran tentang angka-angka rumit yang sulit dijelaskan. Memikirkannya saja sudah pusing. Berbagai rumus yang bejibun memang selalu bermunculan ketika kita belajar matematika. Itulah mengapa banyak orang yang membenci matematika. Matematika itu sebenarnya mudah dipelajari asal menggunakan cara yang tepat.

Disini aku akan kasih tips supaya kalian bisa nyaman dan betah belajar matematika :
1. Ubah Pola Pikir
Banyak orang berfikir matematika itu sulit, rumit, dan memusingkan. Kalo udah banyak pikiran kayak gitu pasti jadinya males belajar matematika kan? Jadi langkah awalnya, kalian harus ubah pikiran-pikiran buruk tentang matematika. Mengubah pola pikir memang tak mudah apalagi untuk kalian yang anti banget sama pelajaran matematika. Pasti sulit sekali tapi tak ada salahnya untuk mencoba tips dari aku.
Sebelum belajar berdoalah lalu pejamkan mata dan berkatalah dengan tegas dan ikhlas dalam hati,"Matematika itu mudah. Aku pasti bisa!" Jika pemikiran itu sudah ada di otak kalian, kalian akan lebih semangat karena menganggap matematika itu mudah. Kalau ada soal yang susah bilang saja," Kataku tadi matematika kan mudah masa soal seperti ini tidak bisa? Pasti bisa dong! Jika kalian berfikiran seperti itu, pasti selalu ada dorongan positif untuk bisa belajar matematika. Kalian tak akan mudah menyerah meskipun seringkali kesulitan menghadapi matematika yang gila rumus.

2. Mulai Dengan Mempelajari Materi-Materi Dasar
Setelah pemikiran positif itu datang, belajarlah dari materi yang paling dasar dan paling mudah. Jika kalian dihadapkan dengan soal sulit, cobalah mengerjakan dari urutan paling dasar. Misal, kalian tidak mengerti soal perpangkatan. Kalian bisa belajar penjumlahan terlebih dahulu, lalu perkalian dan berlanjut ke perpangkatan. Itu pasti lebih mudah karena kita tau dasar teorinya. Jangan memaksakan diri untuk langsung mengerjakan soal sulit. Bisa-bisa kalian langsung ogah belajar matematika lagi karena saking pusingnya.

3. Belajar Memahami Bukan Menghafal
Matematika adalah ilmu sejuta rumus. Banyak soal yang pengerjaanya bisa menggunakan lebih dari satu rumus. Bahkan kalian juga bisa menciptakan rumus sendiri asalkan rumus itu logis. Gimana caranya? Pahami konsep rumusnya!

Ada banyak sekali rumus matematika yang sangat menguras otak. Kalo cuma dihafal, bisa-bisa kalian pusing sendiri. Kaliam hanya perlu membaca, memahami lalu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Coba deh kalo kalian udah paham satu rumus, kalian kerjain contoh soalnya. Kalau sudah benar-benar paham, pikirkan apa kegunaan rumus itu dalam kehidupan. Kalau sudah dapat segera praktekkan!

4. Buat Catatan Rumus Semenarik Mungkin atau Bernyanyilah dengan Rumus.
Untuk kalian yang suka belajar dengan metode visual, kalian pasti akan mudah bosan jika buku kalian hanya berisi rumus-rumus, memusingkan pula. Jangankan belajar, menyentuh bukupun rasanya tak sudi. Buatlah catatan semenarik mungkin, bisa dengan memberi warna pada rumus-rumus, memberi gambar di bagian tepi, menggambar peta konsep dan lain-lain. Apapun itu asalkan bisa menarik minat kalian untuk membuka buku itu.

Untuk kalian yang suka belajar dengan metode audiothoring, kalian bisa lebih mudah memahami rumus-rumus itu dengan menyanyikannya. Mudah saja kalian tinggal mengganti lirik lagu yang kalian suka dengan rumus yang sedang kalian pelajari.
Bisa juga dengan merubah huruf menjadi kata seperti ini.





Km = Kalau
Hm = Hantu
Dam = Datang
M = Malam
Dm = Di
Cm = Culek
Mm = Matanya

Jadi gampang kan mengingatnya? Itu adalah salah satu cara agar kita mudah mengingat satuan panjang. Coba deh kalian praktikkan menggunakan rumus-rumus lain. Pasti betah deh lama-lama belajar matematika dengan metode seperti ini.

5. Belajarlah dengan Konsisten
Kalian tidak perlu belajar hingga berjam-jam untuk memahami semua rumus matematika. Cukup belajar seperlunya asalkan kalian konsisten. Bisa 30-60 menit setiap harinya. Kata itu bukan berarti sekali buka buku matematika terus langsung belajar hingga 30-60 menit. 10 menit aja kadang gak betah kan? Ngantuk kan? Pusing kan?

Begini metodenya, bagi waktu belajar kalian dengan cermat. Sempatkan waktu pagi, siang dan malam kalian dengan matematika. Gak banyak kok cuma 10-20 menit saja. Istilahnya tiada hari tanpa matematika.

Oh iya selama itu, harus ada satu soal yang kalian kerjakan. Ya! Cukup satu saja sebagai permulaan. Jika kalian sudah terbiasa, kalian bisa tambah sendiri sebanyak yang kalian mau.

Ingat! Harus konsisten, lakukanlah kegiatan tersebut ketika kalian mampu untuk melakukannya. Bukan hanya ketika mau saja. Meskipun awalnya kalian gak bisa, ujung-ujungnya pasti bisa kok. Kalian hanya perlu menyempatkan diri. Semua yang tidak bisa itu akan menjadi bisa karena sebuah kebiasaan.

6. Jangan Malu Bertanya
Ada istilah "Malu bertanya sesat di jalan". Itu tuh bener banget. Kalau malu tanya matematika sebenernya sih buka sesat di jalan tapi sesat di pikiran. Hahahaha. Emang kalian mau tersesat? Nggak kan. Yaudah kalau sudah pusing sendiri, gak tau jawaban dari soal tersebut. Coba deh kalian tanya ke orang yang lebih tau.

Jangan terlalu ngotot untuk mengerjakan sendiri. Bisa-bisa waktu kalian terbuang sia-sia hanya karena satu soal. Jangan malu. Menuntut ilmu itu harus berani. Jadi silahkan bertanya jika memang pikiran kalian sudah buntu.

Itulah tujuh tips dari aku yang bisa kalian gunakan supaya kalian bisa nyaman dan betah belajar matematika. Semoga bermanfaat ya. Aku berharap anak Indonesia semakin mudah untuk belajar matematika dari tips yang aku berikan. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran tentang artikel ini silahkan dikomentari. Jangan sungkan ya!
🤗



No comments for "Tips Agar Nyaman dan Betah Belajar Matematika"