Tips Merawat Kulit Berjerawat di Tengah Kesibukan


Mengatasi Jerawat di Tengah Kesibukan
Tips Mengatasi Kulit Berjerawat

Jerawat sudah jadi momok bagi para wanita, khususnya remaja yang sedang mengalami masa pubertas ransel. Lebih dari 2 juta kasus jerawat terjadi di Indonesia tiap tahunnya, di tahun 2006 misalnya mengalami peningkatan sebesar 60%, sedangkan di tahun 2007 menjadi 70%. Jerawat timbul akibat kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Gejalanya berupa komedo hitam yang muncul di bagian tubuh tertentu, khususnya area wajah. 
Banyak faktor penyebab timbulnya jerawat, salah satunya karena kurang rajin dalam membersihkan wajah akibat sibuk. Maka dari itu, jika ada waktu luang usahakan untuk melakukan perawatan wajah. Kalau tidak dirawat kan yang malu kita sendiri, hihi.

Nah, kali ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat kulit berjerawat :

1. Gunakan sabun wajah khusus untuk kulit berjerawat
Terkadang kita tergiur dengan berbagai macam jenis sabun wajah, namun kita sering melupakan kegunaan dari sabun wajah itu sendiri. Pilihlah sabun wajah yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida, atau sulfur. Produk perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida akan membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat, dan asam salisilat membantu mengelupas kulit yang berjerawat. Jangan lupa untuk memilih sabun wajah khusus kulit berminyak.

2. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah
Air hangat sangat dianjurkan untuk kulit wajah agar mengoptimalkan dalam perawatan wajah. Usahakan ketika membersihkan wajah harus dilakukan dengan pijatan lembut, tidak boleh terlalu kasar karena dapat memperparah kondisi jerawat. Ingat, jangan terlalu sering untuk mencuci wajahnya.

3. Jangan sering memencet jerawat yang baru tumbuh
Seringkali kebiasaan ini menjadi favorit para wanita ketika jerawat datang, bisa karena gemas, atau pengen cepat hilang. Padahal, hal tersebut bisa membahayakan kulit kita sendiri. Jika kita memencet jerawat dengan keadaan tangan kotor, maka besar resikonya terkena iritasi. Dampak dari kebiasaan ini yaitu jerawat akan memerah dan semakin meradang. Akan lebih baik jika dibiarkan hingga waktunya.

4. Hindari menggunakan make up terlalu tebal
Usahakan menggunakan make up yang tipis atau tidak sama sekali, agar jerawat dapat diminimalisir dengan baik. Jika ingin memakai bedak, gunakan bedak bayi karena kandungannya yang ringan dan cocok untuk kulit.

5. Jaga pola makan dan minum air putih
Pola makan perlu untuk diperhatikan, jika ingin jerawat sembuh jauhi makanan yang berminyak, cepat saji, dan makanan pemicu jerawat lainnya. Air putih juga penting karena berfungsi untuk menghindari dehidrasi dan menyerap racun pada kulit.
Inilah beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua. Tidak ada salahnya kita perlu menjaga wajah kita agar tetap bersih. Ya, supaya nyaman dipandang orang. Pasti kalian bakal risih jika dipandang terus menerus, apalagi dalam keadaan sedang berjerawat (karena sang author sudah pernah mengalami hihi). Tapi, untuk merawat kulit wajah ini diperlukan kesabaran dan doa juga yahh. Selamat mencoba...


No comments for "Tips Merawat Kulit Berjerawat di Tengah Kesibukan"